Senin, 14 Maret 2016

Lima Hal yang Membuat Kita Menjadi Pribadi yang Hebat

Lima Hal yang Membuat Kita Menjadi Pribadi yang Hebat
Mujahid berkata, aku mendengar Ibnu Abbas berkata: “Ada lima hal yang lebih aku sukai, melebihi dari kuda yang bgus (kendaraan  yang mewah) yg dipersiapkan untuk dikendarai yaitu:
Pertama: Ke 1
Janganlah kamu berkata akan sesuatu yang tidak berarti bagimu. Karena hal itu merupakan bentuk pembicaraan yang berlebih-lebihan dan menjadikan kamu tidak aman dari dosa. Dan janganlah pula kamu membicarakan akan sesuatu yang anggap penting, sebelum kamu mendapat tempat pas untuk membicarakan hal tersebut. Karena banyak orang berkatatentang sesuatu yang penting baginya, namun ia menyampaikanya dalam kondisi yang tidak tepat, sehingga ia mendapat kesulitan.
Kedua: ke 2
Janganlah kamu bertengkar (bermusuhan) dengan orang yang lemah lembut dan jangan pula terhadap orang bodoh. Karena orang yang lemah lembut itu, akan marah kepadamu dalam hatinya, sementara orang yang bodoh akan menyakiti hatimu dengan lidahnya.
Ketiga: ke 3
Sebutlah saudara (temanmu), ketika ia jauh darimu dengan perkataan yang sekiranya ia suka kamumenyebutnya dengan perkataan itu. Dan maafkanlah dia, seebgaimana pengampunanya yang dia berikan kepadamu.
Keempat: ke 4
Bergaulah dengan temanmu dengan cara sebagaimana yang kamu sukai ia bergaul denganmu.
Kelima: ke 5
Berbuatlah sebagaimana perbuatan seorng yang tahu bahwa dengan perbuatan itu bakal dibalas dengan kebaikan, atau dengan perbuatan yang dilakukanya itu akan mendapatkan siksa.

Lukman hakim prnah ditanya: “ Apa yang membuat kamu memperoleh hikmah?” Lukman Hakim menjawab:”Aku tidak bertanya mengenai sesuatu yang sudah cukup memadai bagiku. Dan aku tidak memberatkan diriku akan sesuatu yang tidak berarti bagiku.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar