Jumat, 19 Januari 2018

Cara Belanja di Aliexpress

Cara Belanja di Aliexpress Agar Tidak Ditipu

Belanja online sangat digemari belakangan ini, selain memudahkan tanpa harus keluar rumah, umumnya membeli barang via online juga terbilang lebih murah. Namun tidak sedikit pula yang mengalami penipuan, oleh sebab itu pembeli perlu lebih hati-hati memilih penjual. Seperti hal nya belanja online di luar negeri sekelas Aliexpress pun kita tetap harus jeli.

Perlu kita ketahui toko online asal China yang paling populer ini memiliki jumlah penjual yang sangat banyak dan berasal dari berbagai negara. Barang yang diawarkan pun sangat murah sehingga membuat kita lebih tertarik. Selain itu, ada banyak seller yang memberikan gratis ongkos kirim ke Indonesia dan tentunya pengiriman barang memakan waktu yang belih lama.

Artikel Terkait : Berapa Lama Waktu Pengiriman Barang Aliexpress?

Dari segi metode pembayaran, sebenarnya sudah terbilang amandan terpercaya, sistemnya pun tidak jauh beda dengan toko online yang ada di Indonesia, dimana uang pembayaran kita tidak akan diterima pelapak sebelum barang yang kita beli tiba atau setelah ada konfirmasi.

Apakah seller bisa menipu? ada beberapa kemungkinan diantaranya barang yang dikirim berbeda dari gambar dan deskripsi, barang yang dikirim kosong, atau nomor tracking yang diberikan seller adalah palsu atau tidak bisa di lacak. Maka langkah apa yang harus diambil? Sebelumnya saya akan memberikantips aman belanja di Aliexpress melalui pengalaman sendiri, semoga dapat membantu.

Tips aman belanja di Aliexpress dengan gratis ongkir

  1. Sebelum membeli barang di Aliexpress sebaiknya anda mengecek metode pembayaran yang digunakan. Pilih cara membayar yang aman menurut anda dan tentunya layanan tersebut memungkinkan bagi anda.
  2. Untuk saya pribadi menyarankan menggunakan doku walet sebab metode ini lebih mudah dan tentunya aman. Adapun cara belanja via doku wallet bisa anda lihat di artikel saya sebelumnya mengenai bayar di Aliexpress lebih mudah dan aman dengan doku wallet.
  3. Dalam memilih barang tentu kita mencari barang yang lebih murah, namun terkadang harga rendah membuat kita khawatir akan kualitas barang. Untuk mencegah barang yang tidak sesuai deskripsi dan gambar, ada baiknya melihat testimoni atau komentar dari orang-orang yang telah membeli barang sebelumnya kemudian barulah menentukan pilihan.
  4. Agar belanja lebih aman, perlu memperhatikan trade record si penjual yang kita pilih, yaitu dengan melihat keterangan store pada bagian atas. Seperti contoh gambar di bawah ini, tertulis "open : 3 years" maksdunya toko tersebut telah beroperasi selama 3 tahun dan bisa kita lihat icon diamond dan feedback melebihi 90% yang menandakan toko online tersebut memiliki reputasi yang baik. 
tips dan Cara Belanja di Aliexpress Agar Tidak Ditipu
  
5. Garansi yang diberikan si penjual bisa kita lihat pada buyer protecion apakah kedua itemnya  tercentang atau pada tab yang bertuliskan "Seller Guarantees" seperti gambar di bawah ini dimana barang akan dikirim kembali jika barang yang pesan tidak sampai ke tangan pembeli. 
Tips dan Cara Belanja di Aliexpress Agar Tidak Ditipu
Jadi sebelum memutuskan membeli barang alangkah baiknya untuk mengecek trade record si penjual, feedback dan garansi agar barang yang kita beli sesua harapan kita. Selanjutnya untuk menjawab pertanyaan diatas, mengenai barang yang tidak sesuai atau nomor tracking palsu, anda bisa melakukan komplain (open dispute) kepada aliexpress.

Untuk barang yang tidak sesuai, biasanya pihak seller atau aliexpress meminta kita mengirim kembali barang tersebut untuk ditukar, atau uang kita di refund. Demikian tips aman dan cara belanja di aliexpress agar tidak tidak ditipu, semoga bermanfaat dan bagi yang memiliki pertanyaan atau pengalaman, silahkan meninggalkan komentar.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar