Rabu, 17 Januari 2018

Cara Mengubah Warna pada Video

Cara Color Grading Dengan Adobe After 

Effect


kali ini saya mau berbagi satu cara colorgrading dengan menggunakan Adobe After Effect. Color Grading sendiri adalah proses mengubah dan meningkatkan warna dari gambar yang bergerak. Color Grading biasanya digunakan oleh para editor video untuk mengontrol video supaya lebih tajam dan menarik. saya sendiri adalah editor amatir yang suka ngotak ngatik video dengan menggunakan teknik colorgrading ini. kalau udah nyocoba ngedit biasanya suka lupa waktu dan nggak sadar kalau udah berjam - jam di depan laptop.

Sebenernya ada banyak sofware yang bisa kalian pakai untuk melakukan teknik colorgrading. Apa lagi saat ini udah banyak banget sofware yang menyediakan fitur video filter layaknya di instagram yang bakal memudahkan kalian untuk meng-grading warna video. Namun menurut saya, After Effect adalah sofware yang paling efisien dalam menajamkan warna. kenapa harus after effect? asalan ini akan saya jelaskan beriringan dengan tutorial dibawah.


langsung aja dari pada berlama-lama, berikut ini adalah langkah-langkahnya:


  Buka After Effect.



     Import video yang mau kalian Grading:
     import -} pilih video yang mau kalian edit lalu drag video tersebut ke timeline. sebagai contoh
     langsung saja video tersebut di jadikan composition


     Selanjutnya tajamkan terlebih dahulu warna video dengan color correction
     pilih effect -} color correction -} Levels. akan muncul tampilan seperti dibawah
     
     

Tajamkan warna di video yang kalian mau edit. tarik garis Highlight dan Shadow ke bawah agar warna di video menjadi lebih timbul. 

jika kalian merasa hal ini sudah cukup, "yaa udah nggak masalah"  ketajaman di video tersebut juga sudah seperti filter video yang tersedia di instagram. tapi disini saya mau lebih menajamkan setiap warna yang ada di video




 pilih efect -} Color Correction -} Hue Seturation






 Klik tanda bawah dan akan muncul Master, Red. Yellows. Green. Cyans. Blues. dan Magenta.  Disinilah  kunci dalam menguatkan setiap warna di video. 

 CONTOH:


 Perhatikan gambar dari footage video dibawah. saya tandai dengan Daun yang berwarna hijau,  Genteng dan pakaian hots yang berwarna merah, pagar yang berwana Cyan dan sedikit tembok yang  berwarna kuning.



klik tanda bawah master untuk mengganti master menjadi Red. saya naikkan sedikit Red Seturation untuk mempertajam warna merah pada genteng dan baju host



pilih tanda bawah lagi ganti Red menjadi Yellows. saya naikkan juga sedikit Yellows Seturation untuk mempertajam tembok yang berwarna kuning.
lakukan terus hal yang sama di green. blues dan magenta sesuai dengan kebutuhan warna di video yang kalian mau edit




 maka hasilnya akan terlihat seperti dibawah:


Terlihat lebih sempurnakan?

(NB: Setiap video punya iso yang berbeda-beda, jadi jangan samakan settingan video kalian seperti diatas)



seperti yang saya tulis di awal, saya punya alasan kenapa after effect ini lebih efisien dan praktis dalam colorgrading. 
contoh:  misalkan  di video ini saya hanya mau memperkuat warna merah yang ada di gambar yaitu warna genteng dan baju host. caranya simpel, sama seperti diatas. Tinggal memperkuat Red Seturation dan sisahnya semua Seturation buat hingga -100 seperti dibawah









inilah alasan saya lebih suka grading menggunakan dengan adobe after effect. kita bisa mengatur kecerahan setiap warna di video. bukan hanya teknik grading saja,  untuk berbagai macam teknik VFX lainnya adobe after effect juga lebih efisien. (Menurut saya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar