Jumat, 15 November 2019

Tips Menolak Permintaan dengan Sopan

Assalamualaikum

sahabat blogger yang setia

Hari ini saya akan berbagi mengenai tips bagaimana cara menolak suatu permintaan secara sopan dan kekeluargaan. Seringkali kita memiliki teman atau saudara jauh atau orang yang baru kita kenal tapi tanpa basa basi yang jelas Meminta sesuatu yang mungkin bisa merugikan kita. Sebagai contoh meminta kita untuk melakukan pekerjaan yang mengganggu jadwal yang telah kita susun rapi ataupun meminta kita untuk menghadiri kegiatan dengan cara memaksa. 


1). Cara menolak secara sopan atau kekeluargaan yang pertama yaitu menolak dengan memberikan alasan. 
Alasan tidak mau melakukan sebuah permintaan karena alasan seringkali membuat orang menerima keadaan yang ada. 

       Sesuatu yang salah yaitu Biasanya kita memberikan alasan akan tetapi kita malah menilai dan mengecap bahwa tindakannya itu salah atau memberi kebenaran kepada diri sendiri. Hal tersebut tidak diperbolehkan atau diperkenankan untuk menilai atau menghujat. 

    Respon kita untuk permintaan yang dilakukan oleh seseorang tersebut cukup memberikan alasan yang jelas. 
Alasan tersebut pasti akan diterima.

2). yang kedua adalah memberikan janji. Ketika ada seorang yang mau memanfaatkan kita dan itu dibuat sengaja untuk merugikan kita, ada baiknya kita tidak langsung mengucap negatif dan menilai seseorang tersebut. Memberikan janji adalah solusi penolakan yang halus. 

       Sebagai Contoh Seorang Kepala Sekolah yang didatangi oleh sales ketika ditawarkan produk yang kira-kira tidak sesuai dan tidak cocok dengan sekolahannya kepala sekolah memberikan janji Lain kali saja ya Atau mungkin tahun depan barangkali bisa cocok Mas Coba kesini lagi. itu adalah penolakan secara halus memberikan janji, tapi saran saya jika memberikan janji maka janji itu ditepati walaupun dalam waktu yang lama atau ketika kita sempat dan senggang untuk melakukan dan memikirkannya. 


3). Kemudian tips yang ketiga adalah Memberikan alternatif. Yang ketiga ini adalah memberikan solusi lain karena kita tidak bisa sebagai contoh ketika kita diundang sebagai pimpinan untuk menghadiri suatu rapat atau untuk memimpin Rapa tapi kita sedang memang tidak bisa dan ingin menolaknya yaitu dan memberikan alternatif langsung menelpon wakil pemimpin, segera menghubungi wakil untuk menggantikan memimpin, itu adalah memberikan solusi lain atau Alternatif.

4). Kemudian yang keempat adalah memberi pernyataan penyesalan biasanya orang Jawa langsung memberikan penyesalan sebagai contoh Waduh maaf banget ya Mas, bukannya saya menolak, Saya sedang Banyak sekali kegiatan di akhir tahun ini ada banyak lomba dan pelaporan mohon maaf banget sekali lagi minta maaf. Adalah suatu bentuk pernyataan.

5). Kemudian yang kelima atau yang terakhir adalah dengan memberikan penerimaan di masa depan atau lampau yaitu sebagai contoh ketika seorang kepala sekolah sekali lagi menerima seorang sales, kemudian memberikan penerimaan di masa depan atau masa lampau,Oh ya terima kasih tahun kemarin sudah Pak berlangganan dengan ini tapi mohon maaf Mungkin setelah dipertimbangkan dirapatkan kembali untuk tahun ini belum.

 Atau sebuah penerimaan di masa depan yaitu Oh iya mungkin bisa nanti saya koordinasikan ke tahun berikutnya karena tahun ini terakhir saya menghandle bagian ini Pak nanti saya koordinasikan ke yang memegang selanjutnya kalau saya yang terakhir mohon maaf karena ini terahir untuk masa jabatan saya jadi saya tidak berani mengambil kegiatan sibuk seperti itu.

Demikian ada 5 tips yang saya sampaikan pada teman teman dan sahabat blogger yang setia mudah-mudahan tips ini mampu menyelesaikan
Masalah-masalah dan tugas-tugas yang ada pada diri teman-teman sekalian.

Akhir kata wabillahi taufik wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar